Monday 21 July 2014

Rekapitulasi kelar, besok KPU teken SK capres-cawapres terpilih

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan bakal mengumumkan total rekapitulasi suara hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Selasa (22/7) besok. Sedangkan untuk mekanisme penetapannya, setelah KPU merampungkan sidang pleno penghitungan semua provinsi di seluruh Indonesia.

"Mekanisme penetapannya dalam rapat pleno, kemudian itu merupakan hasil dari rekapitulasi yang hari ini sedang berjalan," kata Ketua KPU Husni Kamil Manik, di Gedung KPU, Jakarta, Senin (21/7).

Sebelum diskors pada pukul 18.00 WIB, KPU telah merampungkan sidang pleno rekapitulasi di 22 Provinsi. Sehingga tinggal 11 provinsi yang belum disidangkan. Sidang sementara diskors dan dilanjutkan pada pukul 20.00 WIB.

Setelah semua provinsi diplenokan, KPU bakal menjumlah perolehan suara. Baik itu perolehan suara di dalam negeri maupun perolehan suara di luar negeri.

"Dan setelah itu nanti kami akan menetapkan dan menerbitkan SK nya. Kemudian setelah mengesahkan SK itu kami akan mengumumkan hasilnya," jelas Husni.

Menurut Husni, besok saat pengumuman total hasil rekapitulasi suara, pasangan capres dan cawapres bakal diundang.

"Kita sudah beritahu kepada tim kampanye masing-masing bahwa jadwal kita adalah tanggal 20-22 Juli ada penetapan calon terpilih. Seperti yang pileg rekap kita selesaikan kemudian kita buka untuk menetapkan. Kehadiran mereka (capres dan cawapres) enggak harus tapi kewajiban KPU mengundang iya," tandasnya

Sumber: http://www.merdeka.com/politik/rekapitulasi-kelar-besok-kpu-teken-sk-capres-cawapres-terpilih.html

No comments: