Sunday 20 July 2014

12 Hari Operasi Militer Israel Sudah Menewaskan 316 Warga Palestina

Jakarta - Serangan-serangan Israel di wilayah Gaza terus menelan korban jiwa. Sebanyak 20 orang tewas dalam berbagai serangan Israel hari ini. Dengan demikian, sejauh ini total 316 warga Palestina tewas selama operasi militer yang telah berlangsung 12 hari tersebut.

Juru bicara dinas urusan darurat Gaza, Ashraf al-Qudra mengatakan seperti dikutip kantor berita AFP, Sabtu (19/7/2014), serangan udara di luar sebuah masjid di kota Khan Yunis, Gaza selatan dini hari waktu setempat, menewaskan 7 orang termasuk seorang wanita.

Kemudian beberapa serangan berikutnya merenggut 13 nyawa sehingga kini total 316 warga Palestina tewas sejak operasi militer Israel dimulai 8 Juli lalu. Sekitar 2.250 warga Palestina dan beberapa warga Israel terluka selama konflik ini. Seorang warga sipil dan tentara Israel juga tewas.

Sementara itu, pasukan Israel kini tengah bersiap melancarkan serangan darat ke wilayah Gaza. Pemerintah Israel menyatakan, tujuan operasi darat ini adalah menghancurkan jaringan terowongan-terowongan kelompok Hamas, yang digunakan untuk melancarkan serangan lintas perbatasan di wilayah Israel selatan.

Menurut Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu, serangan darat ini perlu untuk mengatasi keberadaan terowongan-terowongan tersebut. Meski diakui Netanyahu, tak ada jaminan operasi ini akan berhasil 100 persen untuk menghancurkan terowongan tersebut.

Terkait operasi militer Israel, Presiden AS Barack Obama menegaskan dukungan AS atas hak Israel untuk mempertahan diri. Namun ditambahkan Obama, Washington sangat prihatin akan jatuhnya korban jiwa warga sipil tak bersalah. Obama pun berharap Israel akan beroperasi dengan cara meminimalisir jatuhnya korban warga sipil.

Sumber: http://ramadan.detik.com/read/2014/07/19/170536/2642190/631/12-hari-operasi-militer-israel-sudah-menewaskan-316-warga-palestina?r992202625

No comments: