Wednesday, 23 July 2014

Pidato Jokowi: Politik Adalah Kegembiraan, Politik Adalah Pembebasan

Pidato pertama Jokowi sebagai Presiden di atas kapal Phinisi (22 Juli 2014)
Jakarta - Presiden terpilih meminta masyarakat agar bersatu padu usai Pilpres. Yang utama membangun bangsa memasuki fase baru. Politik adalah keriangan, politik adalah kegembiraan.

"Kita bersama sama bertanggungjawab untuk kembali membuktikan kepada diri kita, kepada bangsa-bangsa lain, dan terutama kepada anak-cucu kita, bahwa politik itu penuh keriangan; politik itu di dalamnya ada kegembiraan; politik itu ada kebajikan; politik itu adalah suatu pembebasan," kata Jokowi di atas kapal Phinisi, di Sunda Kelapa, Jakut, Selasa (22/7/2014).

Menurutnya, pemilihan umum presiden kali ini memunculkan optimisme baru bagi bangsa Indonesia. Jiwa merdeka dan tanggung jawab politik bermekaran dalam jiwa generasi baru.

"Kesukarelaan yang telah lama terasa mati suri kini hadir kembali dengan semangat baru. Pemilihan Umum Presiden telah membawa politik ke sebuah fase baru bukan lagi sebagai sebuah peristiwa politik semata-mata, tetapi peristiwa kebudayaan. Apa yang ditunjukkan para relawan, mulai dari pekerja budaya dan seniman, sampai pengayuh becak, memberikan harapan bahwa ada semangat kegotong-royongan, yang tak pernah mati," urainya.


Sumber: http://news.detik.com/pemilu2014/read/2014/07/22/230643/2645296/1562/pidato-jokowi-politik-adalah-kegembiraan-politik-adalah-pembebasan?993305

No comments: