Minggu, 13 September 2009

Filled Under:

Perbedaan GPRS, EDGE, UMTS, HSDPA

Sampai kini banyak orang yang tidak mengerti perbedaan GPRS, EDGE, UMTS dan HSDPA. Berikut ini sedikit bahasan tentang perbedaan keempat akses data tersebut.
Sebelum ada empat akses data tersebut, masih terdapat beberapa jenis akses data yang lain, yaitu CSD (Circuit Switched Data).

1. GPRS (General Packet Radio Service) : suatu teknologi yang digunakan untuk pengiriman dan penerimaan paket data. GPRS sering disebut dengan teknologi 2.5G. Fasilitas yang diberikan oleh GPRS : e-mail, mms (pesan gambar), browsing internet. Secara teori GPRS memberikan kecepatan akses antara 56kbps sampai 115kbps.

2. EDGE (Enhanced Data for Global Evolution) : teknologi perkembangan dari GSM, rata-rata memiliki kecepatan 3kali dari kecepatan GPRS. Kecepatan akses EDGE secara teori sekitar 384kbps. Fasilitas yang disediakan EDGE sama seperti GPRS (e-mail, mms, dan browsing).

3. UMTS (Universal Mobile Telecommunication Service) : perkembangan selanjutnya dari EDGE. UMTS sering disebut generasi ke tiga (3G). Selain menyediakan fasilitas akses internet (e-mail, mms, dan browsing), UMTS juga menyediakan fasilitas video streaming, video conference, dan video calling*). Secara teori kecepatan akses UMTS sekitar 480kbps.

4 HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) merupakan perkembangan akses data selanjutnya dari 3G. HSDPA sering disebut dengan generasi 3.5 (3.5G) karena HSDPA masih berjalan pada platform 3G. Secara teori kecepatan akses data HSDPA sama seperti 480kbps, tapi pastinya HSDPA lebih cepat lah. Kalau gak lebih cepat apa gunanya menciptakan HSDPA. Semakin baru tekonologi pastinya semakin bagus.
Teknologi HSDPA kini sudah digunakan di 49 negara dan sejauh ini HSDPA sudah digunakan oleh 64 operator dunia. Kini sebanyak 121 operator di 55 negara telah menyatakan kesiapan mereka untuk meng-update jaringan mereka untuk menjadi HSDPA.

Ke-empat akses data di atas diaplikasikan pada modem hand phone /ponsel, ada juga modem khusus yang digunakan untuk koneksi tersebut. Sekarang banyak penyedia layanan komunikasi mobile (Telkomsel, Indosat, XL, Three, dan lainnya) berlomba-lomba memberikan fasilitas terbaik untuk akses internet unlimited dengan kecepatan 3.5G. Sebagai contoh :javascript:void(0)

- Telkomsel -> Flash
- Indosat -> M2

Sumber:
http://wyasha.wordpress.com/
http://tipsponsel-edybawas.blogspot.com

2 komentar:

Anonim mengatakan...

ternyata 3(three) masih edge.....saya kira sdh hsdpa.Pantesan pasang tarifnya terkesan lebih murah....

Anonim mengatakan...

o 3 itu masih EDGE ya.... pantes lebih lama..