Monday 2 November 2009

Teten: Yudhoyono Paham Masyarakat Tak Percaya Polisi Soal Bibit-Chandra


TEMPO Interaktif, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dianggap sudah memahami persoalan kasus yang menimpa pimpinan nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi Chandra M. Hamzah dan Bibit Samad Rianto. Yudhoyono memahami reaksi masyarakat terhadap kasus itu adalah soal ketidakpercayaan terhadap proses hukum di kepolisian.

“Kami menyampaikan apa yang berkembang di masyarakat. Ternyata ada pemahaman yang sama antara kami dengan Presiden,” kata Sekretaris Jenderal Transparency International Indonesia Teten Masduki saat dihubungi, Senin (2/11).

Semalam, Presiden memanggil Teten bersama Anies Baswedan (Rektor Universitas Paramadina), Komarudin Hidayat (Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah), dan guru besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia Hikmahanto Juwono. Dalam pertemuan di Istana Negara itu, Yudhoyono mendengar masukan dari keempat tokoh tersebut.

Menurut Teten, Yudohoyono mengakomodasi seluruh masukan dari mereka. Pertama, para tokoh mengharapkan Kepolisian RI bisa menggelar perkara kasus Bibit dan Chandra dengan melibatkan para ahli independen dan tokoh masyarakat. Tujuannya untuk menguji apakah dasar hukum yang digunakan kepolisian selama ini tepat.

Usul kedua adalah dibentuknya tim pencari fakta, yang bertugas mencari serta menguji fakta, bukti, dan pasal yang dijadikan dasar menjerat. “Tim ini juga bertugas untuk mengusut kebenaran isi rekaman,” ujar Teten. Masukan terakhir, lanjut dia, bagi mereka yang terlibat, harus dilakukan proses hukum lebih lanjut.

Terkait tim pencari fakta, kata Teten, pembentukan tim, termasuk siapa yang bakal mengisinya, akan dibahas kembali dalam rapat hari ini.

Sumber: vivanews.com

2 comments:

g-five for g-follow said...

pakk...... boleh juga blog nya..... blh kan kita belajar dari bapak...hehe... mw tanya ... kalau membuat blog kita ada downloadnya gimana ya>??? thx

g-five for g-follow said...

pak kasih sara bagi blog saya donk.... g5-follow.blogspot.com makasih....