Tuesday 17 May 2011

Ini Krisis Lembaga Demokrasi, Tak Hanya SBY

Survei IndoBarometer mencerminkan ketidakpercayaan rakyat pada demokrasi


Kepala Divisi Penelitian Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) Kurniawan Zein berpendapat hasil survei IndoBarometer merupakan lonceng krisis kepercayaan masyarakat pada lembaga demokrasi. Rakyat tidak hanya kecewa dengan kinerja pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono melainkan terhadap tiga institusi demokrasi yakni eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Trias politika yang seharusnya menjadi sistem saling kontrol terhadap satu institusi dengan institusi lainnya, kata Kurniawan, tidak berjalan maksimal. Justru, masing-masing institusi seringkali menimbulkan rasa kecewa rakyat.

Dia mencontohkan, rencana pemerintah membuat regulasi narkoba terkait keringanan penggunaan narkoba di bawah 1 gram. Dalam pasal 103 UU itu, memungkinkan pengguna narkotika dengan barang bukti kurang dari satu gram, direhabilitasi, bukan dipenjara. "Regulasi itu sangat kontroversial," katanya saat dihubungi VIVAnews, Senin 16 Mei 2011.

Tingkah laku elite politik di lembaga legislatif, kata Kurniawan seringkali menyakiti hati rakyat. Rencana pembangunan gedung baru DPR dan berbagai kunjungan anggota ke luar negeri yang dinilai tidak berkaitan dengan fungsi dan tugasnya, membuat rakyat kecewa dengan lembaga pembuat undang-undang itu.

"Perilaku politik anggota dewan tidak menunjukkan empati terhadap rakyat. Tidak ada sense of crisis," ucapnya.

Sementara, lembaga hukum yang seharusnya menjadi jangkar bagi terciptanya keadilan di tengah masyarakat, menurutnya belum juga berhasil memainkan peran. Banyak kasus yang menyita perhatian publik, seringkali berakhir antiklimaks dan tidak memberikan rasa keadilan yang seharusnya.

"Bagaimana kita melihat kasus penanggulangan Gayus dan sebagainya. Yudikatif di sini tidak hanya aspek kehakiman saja, tapi sistem hukum kita secara menyeluruh," katanya.

Kurniawan menegaskan, jika kekecewaan rakyat terhadap tiga lembaga trias politika itu tidak segera dijawab dengan perbaikan, maka akan segera mengancam keberlangsungan sistem demokrasi di Indonesia.

Mau tahu hasil survei IndoBarometer itu? Baca:

No comments: