Saturday 7 May 2011

Ketakutan Akan Teknologi, Disinyalir Awal Terlacaknya Osama

Keluarga besar Obama muda



Ternyata sama sekali tidak ada perangkat komunikasi, tidak ada internet ataupun telepon bisa berujung pada kematian. Ketakutan Osama pada teknologi inilah yang membuatnya tewas dalam serangan oleh pasukan SEAL Amerika.

Spekulasi selama bertahun-tahun menyebutkan kalau pimpinan Al Qaeda itu tinggal di lingkungan dengan kondisi yang sangat keras. Namun rupanya ia memilih berdiam di sebuah mansion yang terletak di kota Abbottabad, Pakistan.

Osama tak memasang telepon ataupun layanan internet di kediamannya. Menurut keterangan pihak Amerika Serikat, ia takut kalau perangkat itu membuatnya terdeteksi via penyadapan elektronik. Namun justru karena ketakutan itulah, Osama terlacak keberadaannya.

Sebab, absennya perangkat komunikasi dasar di rumah mewah ini rupanya menimbulkan kecurigaan tersendiri bagi militer AS. Seorang sumber internal menyebutkan, adalah sesuatu yang janggal jika ada properti senilai USD 1 juta, tapi tidak ada telepon atau internet di sana.

"Analis intelijen menyimpulkan tempat ini sengaja dibangun untuk menyembunyikan seseorang yang penting," katanya, dilansir Reuters dan dikutip detikINET, Selasa (3/5/2011). Intelijen pun yakin orang itu adalah Osama bin Laden, setelah menganalisis petunjuk petunjuk lain.

Amerika Serikat sendiri juga turut mengandalkan aset di lembaga teknologi tingginya untuk melacak lokasi Osama. Di antaranya adalah National Geospatial-Intelligence Agency (NGA) dan National Security Agency (NSA)

Melalui satelit NGA, dapat direka-reka seperti apa detail bangunan persembunyian Osama. Sedangkan NSA bertanggungjawab melacak dan mengawasi komunikasi di seluruh dunia untuk memburu Osama.

Pada akhirnya, upaya mereka berhasil. Osama bin Laden telah dinyatakan tewas oleh pemerintah AS.

sumber: http://kianhome.blogspot.com

No comments: